Setelah mengenal beberapa jenis digital marketing yang cukup populer saat ini, selanjutnya masuk pada pembahasan mengenai strategi digital marketing yang tepat untuk membantu bisnis di era digitalisasi modern.
1. Search engine optimization (SEO)
Anda tentu sering melihat beberapa situs yang masuk pada halaman pencarian pertama di Google. Nah, biasanya untuk memperoleh peringkat halaman yang baik di mesin pencari, salah satu metode yang efektif adalah dengan melakukan optimasi SEO.
SEO adalah bentuk apresiasi untuk situs web yang masuk pada halaman pertama di mesin pencarian. SEO sendiri terbagi menjadi dua jenis, On Page dan Off Page. Untuk On page sendiri lebih mengarah kepada proses optimasi pada halaman website -nya.
Sedangkan, Off page merupakan proses optimasi yang dilakukan dengan bantuan dari website lain untuk meningkatkan kredibilitas situs anda. Di dunia digital marketing sendiri, terdapat beberapa pekerjaan yang cocok untuk menangani SEO, seperti SEO Specialist, Content Writer, Copywriter, dan masih banyak yang lain lagi.
2. Pay per click (PPC)
PPC adalah sebuah cara untuk mengarahkan traffic pengunjung untuk masuk ke website anda dengan bayaran setiap kliknya. Contoh dari PPC yang sering digunakan adalah Google Adwords, Facebook Ads, Twitter Ads, dan contoh yang lainnya.
Cara kerja dari PPC adalah anda harus membayar terlebih dahulu untuk mendapatkan slot atau posisi teratas pada mesin pencari dan dikenakan biaya setiap kliknya. Pastikan untuk perusahaan atau bisnis anda memiliki modal yang cukup untuk menerapkan strategi marketing dengan PPC.
Baca Juga: Strategi dan Manfaat Digital Marketing untuk Mempromosikan Bisnis
3. Content marketing
Strategi digital marketing yang selanjutnya adalah dengan cara mempromosikan produk melalui tulisan atau artikel. Anda dapat membuat tulisan yang dapat mempengaruhi pembaca untuk menggunakan produk atau jasa anda.
Dalam menggunakan pemasaran konten ini juga harus menerapkan beberapa aturan dan kaidah penulisan yang benar, dan telah menerapkan SEO friendly. Seorang penulisan konten atau biasa disebut dengan Content Writer akan membuat berbagai tulisan dalam bentuk blog, artikel, brosur online, e – book dan lain sebagainya.
4. Influencer
Strategi digital marketing yang berikutnya adalah seorang influencer atau orang yang memiliki pengaruh besar di sebuah komunitas ataupun ruang lingkup yang lebih luas. Pada umumnya, seorang influencer mampu mempengaruhi dan mengarahkan tindakan orang lain untuk mengikuti saran yang diberikan oleh influencer tersebut.
Dengan menggunakan seorang influencer, maka mempromosikan produk merupakan hal yang mudah. Sehingga, banyak konsumen yang percaya dengan produk anda karena dorongan dan pengaruh yang besar dari seorang influencer. Contoh influencer pada era sekarang adalah selebgram dan selebtweet yang memiliki pengaruh di media sosial.
Baca Juga: Strategi dan Manfaat Digital Marketing untuk Mempromosikan Bisnis
5. Affiliate program
Program afiliasi merupakan suatu pekerjaan untuk mempromosikan sebuah produk milik suatu perusahaan atau agensi, dimana ketika produk tersebut berhasil terjual, maka orang yang mempromosikan produk mendapat tambahan komisi yang telah disepakati oleh perusahaan.
Belajar digital marketing dapat dilakukan dengan mengikuti program afiliasi ini. Anda dapat bekerja setiap saat tanpa batasan waktu dan tempat. Anda dapat melakukan kegiatan promosi dimana saja serta dapat melakukan proses monitoring dengan lebih mudah.
6. Google bisnisku
Saat ini banyak sekali kemudahan yang diberikan dengan adanya teknologi. Terkait dengan online marketing, anda dapat belajar digital marketing dengan membuat akun pada Google Bisnisku.
Fungsi dari Google Bisnisku adalah untuk memberikan informasi secara lengkap mengenai nama perusahaan, jam kerja, alamat kantor, jenis perusahaan, hingga lokasi kantor anda. Sehingga, customer dapat lebih mudah untuk menemukan lokasi anda secara akurat yang telah terintegrasi dengan Google Maps.
Baca Juga: Strategi dan Manfaat Digital Marketing untuk Mempromosikan Bisnis
7. Otomatisasi pemasaran
Strategi terakhir yang dapat anda lakukan adalah dengan melakukan otomatisasi pemasaran. Belajar digital marketing juga dapat dilakukan dengan mulai menyusun alur pekerjaan, seperti menjadwal daftar unggahan konten, melakukan manajemen konten pada media sosial, dan lain – lain.
Otomatisasi dapat dilakukan melalui media email, serta berbagai platform media sosial yang ada. Teknik otomatisasi ini juga merupakan bentuk tugas yang dilakukan berulang.