Di era yang serba teknologi seperti saat ini, memudahkan banyak pelaku bisnis untuk mempromosikan usaha mereka melalui internet dengan berbagai cara. Tujuan utama dari penggunaan internet saat ini adalah untuk membantu dalam mendapatkan konsumen secara luas. Digital marketing adalah strategi yang sangat tepat untuk membantu aktivitas promosi.
Pada artikel kali ini, akan membahas lebih dalam mengenai pengertian, jenis, strategi, hingga manfaat dari adanya pemasaran digital. Bagi anda yang masih pemula dan belum mengenal lebih jauh tentang strategi bisnis ini, kami akan memberikan penjelasan yang lebih informatif dan mudah dipahami untuk anda.
Pengertian Digital Marketing
Digital marketing adalah pemasaran produk atau jasa dengan menggunakan media digital dan teknologi berbasis digital untuk menjangkau target pasar yang lebih luas. Sehingga, dengan pemanfaatan digital marketing, mampu menambah cakupan target konsumen yang lebih besar daripada menggunakan metode pemasaran secara konvensional.
Jadi, pemasaran digital disini lebih mengarah pada proses perpaduan antara pengetahuan pasar dengan teknologi yang ada. Selanjutnya, kita akan mengenal beberapa jenis dari pemasaran digital yang sering digunakan pada tahun 2020 ini.
Jenis – Jenis Pemasaran Digital
Berikutnya, masuk pada pembahasan mengenai jenis dari pemasaran digital. Setidaknya terdapat 6 jenis yang terbagi sesuai dengan metode dan platform yang digunakan.
1. Website
Yang pertama, website adalah salah satu media yang saat ini cukup populer sebagai tempat untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk atau jasa dari suatu brand. Dengan menggunakan website, sangat mampu untuk menjangkau target user secara lebih luas dari seluruh penjuru daerah.
Website juga dapat digunakan untuk sarana memperkenalkan profil sebuah perusahaan. Keuntungan dari membuat website sendiri adalah biaya penanganan yang relatif murah tanpa mengeluarkan biaya serta promosi produk yang besar.
2. Search engine marketing
Jenis kedua yang banyak digunakan sekarang adalah search engine marketing. Dimana, terbagi lagi menjadi dua jenis, yaitu SEO dan SEM. Untuk SEO sendiri termasuk ke dalam pemasaran digital tanpa mengeluarkan modal yang besar untuk membantu website masuk pada halaman pertama di mesin pencari Google.
Sedangkan, SEM merupakan singkatan dari (Search Engine Marketing) dimana tujuan yang digunakan sama dengan SEO, namun biaya yang harus dikeluarkan juga cukup besar. Karena SEM mengandalkan bantuan iklan untuk setiap klik yang dilakukan user untuk masuk pada website anda.
3. Email marketing
Jenis ketiga adalah pemasaran email, dimana anda dapat mempromosikan berbagai konten terkait produk, atau informasi untuk disebarluaskan melalui media email. Strategi ini terbukti cukup efektif untuk meningkatkan jumlah pengunjung pada website anda.
4. Social media marketing
Jenis yang keempat merupakan bentuk promosi melalui situs jejaring sosial. Terdapat banyak sekali platform yang menyediakan fitur untuk melakukan promosi produk anda. Salah satu contohnya adalah Facebook ads, Twitter ads, serta Instagram Ads.
Keuntungan yang dapat diperoleh dari penggunaan media sosial sendiri adalah tidak membutuhkan biaya penanganan yang besar, serta dapat menjangkau customer secara luas melalui channel yang anda buat.
5. Online advertising
Yang kelima tergolong ke dalam bentuk pemasaran digital melalui internet dengan berbayar. Anda harus mengeluarkan biaya yang sedikit lebih mahal, namun akan mendapatkan konsumen dan hasil yang lebih cepat daripada menggunakan strategi SEO.
6. Video marketing
Dan yang terakhir, anda juga dapat menggunakan media berupa video untuk menampilkan informasi mengenai produk atau layanan anda. Cara ini terbukti cukup efektif saat banyak orang yang menghabiskan waktu untuk mengakses internet.
Salah satu channel untuk mempromosikan produk atau jasa anda adalah melalui Youtube. Dimana, anda dapat mengunggah berbagai konten video menarik terkait produk bisnis dan aktivitas usaha anda.
Manfaat Digital Marketing Untuk Bisnis
Berikut merupakan beberapa poin penting mengenai manfaat digital marketing untuk mendukung perkembangan bisnis anda.
1. Membangun personal dan product branding
Tanpa disadari, dalam membangun sebuah bisnis maka sangat diperlukan faktor kepercayaan dari pelanggan. Semakin pelanggan atau konsumen percaya terhadap produk anda, maka kredibilitas bisnis anda juga akan meningkat.
Membangun personal dan product branding sangat diperlukan pada praktek pemasaran digital saat ini. Personal branding dapat terbentuk dengan membentuk pribadi atau perilaku yang baik dan profesional dalam dunia pekerjaan.
Kemudian, apabila product branding dapat terbentuk jika brand atau merek perusahaan memiliki kredibilitas yang baik, serta mendapat pengakuan di masyarakat. Salah satu cara yang tepat untuk meningkatkan kedua hal tersebut adalah dengan menggunakan pemasaran digital melalui berbagai media yang ada.
2. Menjangkau target pasar yang lebih luas
Ketika setiap bisnis telah terkoneksi dengan jaringan internet, maka secara otomatis bisnis tersebut akan terhubung dengan relasi pengguna internet di seluruh dunia. Jadi, dengan menerapkan online marketing, akan sangat membantu bisnis dalam mempromosikan dan memperkenalkan produk dan jasa secara efektif dan efisien.
3. Lebih murah dan efektif
Manfaat digital marketing yang terakhir yaitu tidak memerlukan sumber daya yang besar atau dapat dikatakan minim dari sisi modal. Setiap orang dapat menjalankan bisnis dengan memanfaatkan internet tanpa menggunakan biaya yang besar.
Namun, anda juga perlu untuk menerapkan beberapa metode khusus agar strategi bisnis anda memang tepat sasaran dan sesuai dengan target user anda. Lakukanlah riset kompetitor bisnis anda, serta persaingan produk yang ditawarkan kompetitor dengan produk anda. Sehingga, dapat meminimalisir atau menurunkan tingkat kegagalan bisnis atau usaha.
Kesimpulan
- Digital marketing adalah pemasaran yang dilakukan dengan bantuan internet menggunakan media digital. Tujuan utama dari pemasaran digital yaitu untuk mendapatkan customer lebih banyak daripada menggunakan metode pemasaran secara konvensional.
- Terdapat 6 jenis pemasaran digital yang dapat dilakukan, mulai dari website, online advertising, email , social media, video, dan search engine marketing.
- Manfaat digital marketing terbagi menjadi tiga, yaitu dapat membangun personal dan product branding, menjangkau target pasar, dan lebih murah.